clock

Pages

Sabtu, 24 Agustus 2013

Terapkan Pendidikan Komputer sejak dini

Komputer ? tentu kita sudah tidak asing ketika mendengar kata itu.
Komputer merupakan alat yang sudah lama di temukan sejak beberapa tahun yang lalu. Bahkan, komputer itu sendiri sekarang "bisa dikatakan" menjadi alat yang serbaguna, bisa membantu seseorang dalam hal apapun, baik dalam pekerjaan, maupun keperluan yang lainnya, baik di sekolah, di kantor, di rumah dan lain-lain, ditambah lagi dengan adanya internet. Tidak heran jika penggunanya pun juga sudah merambah ke berbagai kalangan, dari anak kecil, dewasa, bahkan orang tua pun sekarang sudah mengerti dengan komputer.
Setiap orang pasti punya keinginan untuk maju, pintar, dan pastinya tidak ketinggalan jaman. Dengan begitu, tidaklah heran jika pelajaran komputer sekarang ini sudah diterapkan di jenjang pendidikan formal yaitu SD.
Pasti kita sudah tidak heran bukan, jika anak-anak SD jaman sekarang sudah pandai dalam mengaplikasikan komputer, baik itu digunakan untuk mencari informasi, menyalesaikan pekerjaan, atau bahkan hanya sekedar untuk nge-game. Sungguh, beruntung sekali anak-anak jaman sekarang lahir di era yang sudah canggih dalam hal teknologi informasi dan komputer.
Tapi disisi lain masih ada beberapa pertanyaan yang masih terngiang-ngiang di benakku, yaitu misalnya :
1. apakah benar bahwa pelajaran komputer kini sudah ditarapkan di jenjang pendidikan formal (SD) di seluruh provinsi atau wilayah di Indonesia ?
In my opinion, pelajaran komputer yang kini telah diterpakan di jenjang SD tersebut belum seluruhnya diterapakan di SD-SD di berbagai wilayah di Indonsia. 
Karena apa ?
Karena, menurutku wilayah-wilayah di Indonesia yang sudah menjadi kota metropolitan, mungkin pelajaran komputer sudah diterapkan di sana. Karena kota metropolitan itu sendiri tentu segala fasilitas yang ada didalamnya sudah terpenuhi dan lokasi yang beredekatan dengan pusat pemerintahan justru akan menambah perhatian dari berbagai kalangan seperti pemerintah, pejabat-pejabat tinggi, serta orang-orang yang telah sukses, sehingga pelajaran komputer di sana pasti sudah diterapkan.
Disisi lain, bagaimana dengan nasib anak-anak yang berada di wilayah yang sanagat jauh dari pusat pemerintahan (daerah terpencil) ? apakah pelajaran komputer yang barada disana sudah ditaerapkan ? dan apakah fasilitas-fasilitas disana sudah memadahi ?
 Jika kita lihat secara kasat mata, menurutku pendidikan komputer itu sendiri belum tersebar merata ke berbagai wilayah di Indonesia.
Padahal, jika dikaitkan dengan negara-negara di luar sana, indonesia masih jauh tertinggal dalam hal pendidikan.
Maka dari itu, sebaiknya pemerintah lebih teliti dan jeli terhadap problematika pendidikan di Indonesia. Khususnya mengenai pendidikan komputer itu sendiri. Alangkah baiknya jika anak-anak sekarang ini perlu diajarkan pendidikan komputer sejak dini, agar suatu saat nanti bisa berkompetisi dengan negara-negara lain sehingga bisa menjadi orang yang mampu membawa nama baik indonesia. Aamiin :-)
 

0 komentar:

Posting Komentar