clock

Pages

Minggu, 25 Agustus 2013

Berawal dari modal yang kecil

Wirausaha...
Hal pertama kali yang terpikirkan setelah mendengar kata itu pasti adalah uang. banyak seseorang yang merasa dirinya pengangguran, kini telah mencoba untuk berwirausaha.
Tapi, apakah semua bisnis atau usaha itu butuh modal uang yang besar ???
tentu TIDAK.
Bahakn, sekarang ini sudah banyak orang yang berwirausaha yang hanya bermodalkan skill dan kahlian,  tanpa modal uang yang besar. Dengan modal pas-pasan, seseorangpun juga dapat menjalankan bisnisnya lho..
Tapi, tentu tidak mudah lho untuk memulai usaha, apalagi dengan modal yang pas-pasan. Seseorang yang ingin memulai usahanya harus memiliki jiwa berwirausaha, yaitu seperti niat, usaha, dan selalu berdo'a. Tekad yang kuat, serta berani menanggung resiko juga perlu diterapakan demi kesuksesan dalam berwirausaha.

Anda masih ragu ??? don't worry.
Di sini saya akan memberikan contoh berwirausaha yang hanya dengan modal uang yang tidak terlalu besar.
Misalnya, bisnis pulsa elektrik. Tentu, hal pertama yang harus dimiliki untuk memulai bisnis tersebut yaitu "handphone". Dan pastinya, setiap orang kini sudah memilikinya bukan ? bahkan, anak-anak kecil jaman sekarang pun dimanapun dan kapanpun ia berada, pasti tak pernah lepas dari sesuatu yang bernama "handphone". Banyaknya aplikasi yang berada didalamnya tentu membuat seseorang enggan untuk melepaskan benda itu dari genggaman tangannya.
Hal kedua yang perlu kita lakukan yaitu men-survei ke beberapa counter yang tentunya menyediakan layanan "berjualan pulsa sendiri". Jika sudah, dari beberapa tempat yang sudah kita survei, langkah selanjutnya yaitu membandingkan harga/nominal per satuannya.
contoh :
counter A
V5000 = 5200
V10000 = 10200
counter B
V5000 = 4900
V10000 = 10000
dari contoh diatas, apabila kita menjual V5000 denagn harga 6000, dan apabila kita menjual V10000 denagn harga 11000, berarti counter yang harus kita pilih yaitu yang B, karena harga yang ditawarkan di counter B lebih murah jika dibandingkan dengan harga di counter A. Lebih murah harga yang ditawarkan, tentu lebih banyak pula laba yang kita peroleh.
Tidak perlu modal yang besar untuk mengawalai usaha tersebut. Cukup dengan modal uang senilai 50000rupiah pun kita sudah bisa mengawalinya.
Dan, apabila laba yang kita peroleh sudah lumayan, misalnya 100000rupiah, maka laba tersebut bisa kita gunakan untuk menambah modal selanjutnya.
bagaimana ? ingin mencoba ?
aku sendiripun sebenarnya juga ingin melanjutkan kembali usaha yang telah aku lakukan setelah beberapa bulan ini aku "break".hehehe
SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERMANFAAT. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar